Informasi


mbah gondrong

392070471274-17-174

NEW GRAND VITARA 2.4

Leave a Comment
 

 

NEW GRAND VITARA 2.4





Suzuki resmi meluncurkan New Grand Vitara 2.4 di Indonesia. Mobil yang di import langsung dari Jepang ini memang hanya mengalami perubahan minor change atau tepatnya perubahan pada tampilan eksterior dan interior. Kini New Grand Vitara 2.4 ini hadir dengan eksterior dan interior yang lebih moderen, elegan, mewah serta berkelas.

Tidak hanya merilis, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menyediakan waktu test drive untuk para awak media otomotif nasional. Meski waktu dan tempatnya yang terbatas tapi setidaknya awak media otomotif bisa merasakan kenyamanan berkendara mobil yang dibanderol Rp 324.500.000 untuk transmisi manual dan Rp 335.500.000 untuk transmisi otomatis.

Mau tau bagaimana sesi test drive New Grand Vitara 2.4 yang dilakukan oleh detikOto disekitaran Hotel The Dharmawangsa, Jakarta.

1. Eksterior
Dari sisi eksterior memang New Grand Vitara 2.4 ini mengalami perubahan yang cukup banyak. Mulai dari desain headlamp yang jauh lebih stylish dan pencahayaanya lebih maksimal karena sudah menggunakan halogen multireflectors.

Kaca spion juga dapat diatur secara elektrik dan dilengkapi dengan lampu sein. Desain front grille juga mengalami perubahan yang kini sudah mengusung bentuk "V" yang memberikan kesan lebih elegan. New design housing fog lamp dan bemper frint guard juga terlihat lebih kokoh dan berkarakter.

Kesan sporti juga ditonjolkan pada ukuran ban yang kini menggunakan ukuran 18 inci dengan 10 spoke. Keunggulan lainnya terdapat pada permukaan jalan yang kini tingginya mencapai 90 cm terhadap permukaan jalan.
2. Interior
Setelah puas melihat perubahan pada eksterior, detikOto sudah tidak sabar untuk masuk kedalam kabin. Kesan pertama yang dirasa yakni sungguh luar biasa karena banyak perubahan yang terjadi pada interior New Grand Vitara 2.4.

Desain interiornya yang didomonasi warna hitam dengan aksentuasi warna silver memberikan kesan lebih mewah dan elegan. Yang paling signifikan yakni pada perangkat audio sistem yang sudah menggunakan fitur touchscreen technologu yang compatible dengan berbagai peralatan gadget seperti DVD, MP3, USB, i Pod, bluetooth yang pairing dengan handphone, dan televisi.

"Interiornya lumayan bagus ya. Tapi sayang untuk menaikan dan menurunkan kursinya masih menggunakan sistem dongkrak," kritik salah satu wartawan otomotif yang ikut bersama mobil yang detikOto kemudikan.

Kabinnya juga terasa cukup senyap. Apalagi saat detikOto memutar musik dengan level volume yang cukup besar. Suara musik tidak pecah dan tidak terganggu oleh suara bising dari luar.

Batang kemudinya juga sudah terintegrasi dengan audio control. Ini fungsinya pengemudi jadi lebih mudah untuk mengatur tombol audio meski sedang mengemudikan.

3. Performa
New Grand Vitara yang di import langsung dari Jepang ini kini tinggal ada versi mesin 2.4. Mesin 2.0 sudah dihilangkan oleh pihak Suzuki. Tapi untuk mesin 2.4 tetap sama dengan Grand Vitara generasi sebelumnya yang dibekali mesin berkapasitas 2.393 cc tipe J24B DOHC VVT, 4 silinder, 16 katup.

Dengan mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 166 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 225 Nm pada 4.000 rpm.  Sayang tempat test drive yang disediakan pihak Suzuki sangat tidak mendukung untuk mobil sekelas Grand Vitara yang mengusung mesin 2.4. DetikOto jadi tidak bisa merasakan performa sesungguhnya.

Tapi tidak apa, meski trek yang disediakan kurang cocok, detikOto tidak menyerah untuk merasakan performanya. Sesekali di jalan yang lurus mencoba menggebernya. Mobil yang dikemudikan detikOto bertransmisi manual 5 percepatan. Namanya juga disekeliling jalan Hotel, trek lurusnya juga kurang lebih 100 meter.

Tapi tenaganya memang cukup agresif dan responsif. Tenaganya terasa dari setiap perpindahan gigi. "Tenaganya juga lumayan ya, tapi sayang trek yang disediakan Suzuki pendek banget dan cuma sebentar," cetus salah satu wartawan otomotif.

Test drive New Grand Vitara 2.4 y hanya 2 putaran saja. Hasilnya ya lumayan untuk trek pendek seperti itu.

Sumber : otodetik.com


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.